Sabtu, 29 Juni 2013

Tikus Tanpa Kaki.
Jika ada tikus yang lahir tanpa kaki pastilah cacat, ya... ini pengalaman pertama sekaligus mengejutkan buat saya, disalah satu kandang melahirkan-menyusui terdapat anak tikus tanpa ke-empat kakinya, saat itu seperti biasa jadwal pemberian pakan pagi sekitar jam 9 pagi, tanpa sengaja perhatian tertuju disebuah kandang yang berisik, ternyata di kandang itu terdapat anak tikus Fuzzy tanpa kaki, sedang merengek menggeliat-geliat seperti cacing dengan susah payah menghampiri berebut susu dari induknya, seakan tidak percaya saya menggosok kedua mata dan memejamkan mata beberapa kali, ternyata memang benar, tikus tersebut bertubuh lengkap kecuali 4 kakinya, sayapun berfikir sejenak apa penyebabnya, kebersihan kandang? ah kandang masih bersih, makanan? cukup baik, sirkulasi udara, suhu dll teratasi dengan kipas, selidik punya selidik ternyata induk tersebut F2, artinya pernah menurunkan 1x melahirkan F1 dan anaknya yang pertama memang saya kawinkan kembali dengan induknya, karena kekurangan induk tikus putih pejantan, alhasil seperti incest, dari 7 anaknya F2, 6 ekor normal, 1 ekor cacat, dari sini saya telah membuktikan bagaimanapun incest/hubungan sedarah sangat merugikan, karena sebelumnya selalu menggunakan pejantan yang berbeda (tidak sedarah) pantas saja saya heran dan bingung ketika melihatnya tanpa kaki, pikir panjang bagaimana jika sudah besar, apakah dapat hidup sendiri? rasanya tidak, untuk minum dan makan cukup sulit, tapi karena keunikannya saya ingin merawatnya sebisa mungkin.
tapi saya tidak menemukannya beberapa hari kemudian, kemungkinan kanibalisme terjadi, sang induk mengetahui anaknya tersebut cacat secara fisik dan memakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar